Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
| 1. Program Studi S2 Magister Manajemen / MM |
Gelar Lulusan : M.M. atau MM.| Prospektus Magister Manajemen (MM) |
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasiyang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.
Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya untuk menjadi profesional yang berwawasan global, memiliki integritas, visi, determinasi, serta tanggung jawab sosial.
Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha (Entreprenuer).
Kompetensi Lulusan Magister Manajemen
Lulusan Program Magister Manajemen memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem; memiliki kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen; mampu mengembangkan kajian-kajian teoretis konsepsional terkini; memiliki kemampuan mencerna buah pikir manajemen; kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan yang unggul dalam bidang manajemen.
Lulusan Program Magister Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.
Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.
Kompetensi dasar Magister Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan Magister Manajemen
Lulusan Magister Manajemen (MM) dapat bekerja dan berkarir sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dsb.
Sebagai entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.
Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
| Mata Kuliah Magister Manajemen (MM, S2) |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Internasional * | 3 | | Akuntansi Keprilakuan * | 3 | | Akuntansi Manajemen Strategik * | 3 | | Analisis Biaya Industri * | 3 | | Analisis Investasi dan Manajemen Risiko * | 3 | | Analisis Laporan Keuangan * | 3 | | Bussiness Process Re-Engineering * | 3 | | Ekonomi Manajerial | 3 | | E-Marketing * | 3 | | Etika Bisnis dan CSR | 3 | | Kepemimpinan * | 3 | | Keselamatan Industri dan Kesehatan dalam Bisnis * | 3 | | Keuangan Perusahaan Lanjutan * | 3 | | Keuangan Perusahaan Multinasional * | 3 | | Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi | 3 | | Komunikasi Marketing * | 3 | | Layanan Marketing dan Perhotelan * | 3 | | Lembaga Keuangan dan Instrumen Derivatif * | 3 | | Managemen Global Supply Chain * | 3 | | Manajemen Biaya * | 3 | | Manajemen Hubungan Industrial * | 3 | | Manajemen Internasional * | 3 | | Manajemen Investasi | 3 | | Manajemen Keuangan Internasional * | 3 | | Manajemen Keuangan Lanjutan (Perusahaan) | 3 | | Manajemen Kinerja * | 3 | | Manajemen Kualitas dan Produktivitas | 3 | | Manajemen Marketing Lanjutan | 3 | | Manajemen Operasional Lanjutan | 3 | | Manajemen Resiko * | 3 | | Manajemen Strategis Khusus | 3 | | Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Marketing Internasional * | 3 | | Marketing Jasa * | 3 | | Marketing Strategik * | 3 | | Mengelola Pelatihan dan Pengembangan | 3 | | Metode Penelitian untuk Operasional Bisnis | 3 | | Operasi Strategis dan Manajemen Proses | 3 | | Penciptaan Nilai Strategis * | 3 | | Pengembangan Organisasi * | 3 | | Penilaian Bisnis * | 3 | | Perencanaan Pengendalian Keuangan * | 3 | | Perilaku Konsumen * | 3 | | Perilaku Organisasi dan Budaya Perusahaan * | 3 | | Produk Portofolio Strategis * | 3 | | Proyek dan Pengembangan Manajemen * | 3 | | Rekayasa Keuangan * | 3 | | Riset Human Resource * | 3 | | Riset Keuangan Lanjutan | 3 | | Riset Marketing * | 3 | | Seminar Tugas Akhir (Seminar Tesis) | 1 | | Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan * | 3 | | Sistem Pendukung Eksekutif untuk Bisnis | 3 | | Sistem Pengendalian Manajemen * | 3 | | Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan * | 3 | | Statistik Manajemen | 3 | | Strategi Manajemen Marketing | 3 | | Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia * | 3 | | Strategi Pengembangan Komsumen * | 3 | | Struktur Keuangan * | 3 | | Teori Organisasi dan Desain | 3 | | Tesis | 6 | | Topik Khusus Marketing * | 3 |
|
|
| 2. Program Studi S1 Akuntansi |
Gelar Lulusan : S.Ak. atau S.A. atau S.E. atau SAk. atau SA. atau SE.Ilmu Akuntansi berkembang sangat cepat dalam mendukung kebutuhan perusahaan, profesi akuntan, pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ekonomi global, turbulansi, teknologi informasi dan komunikasi.
Salah satu sifat mendasar akuntansi adalah memberikan informasi keuangan yang cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga memiliki akuntabilitas kepada seluruh pengguna dalam rangka terciptanya good corporate governance dan good government governance.
Program Studi Akuntansi menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi mampu menguasai aplikasi akuntansi dan keuangan, pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial perusahaan dan sektor publik sebagai manajer maupun entrepreneur yang mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan secara profesional serta mampu memahami perkembangan teknologi sistem informasi bidang akuntasi dan keuangan yang aplikatif.
Kompetensi Lulusan S1 Akuntansi
Lulusan Program Studi S1 Akuntansi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun laporan keuangan, mengelola keuangan, mengembangkan sistem informasi akuntansi, melaksanakan audit keuangan, operasional perbankan konvensional maupun syariah, penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka pemenuhan kebutuhan kredit melalui peran sektor perbankan, menghitung dan menyusun laporan pajak, menganalisa laporan keuangan sektor publik untuk pengembangan institusi sektor publik; mampu melakukan analisis kuantitatif bidang akuntansi; mampu melakukan pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial dan sektor publik; mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi; memiliki keahlian di bidang manajemen perpajakan, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Akuntansi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang akuntansi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang akuntansi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang akuntansi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan S1 Akuntansi memiliki integritas yang kuat, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang akuntansi, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Akuntansi
Sarjana Akuntansi dapat bekerja dan berkarir sebagai Akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan sektor publik, audit internal, dan akuntan pendidik.
Berkarir di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai Akuntan/auditor internal atau staf pemeriksa di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, PMDN maupun PMA, staf ahli akuntansi dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.
Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan akuntan publik, keuangan dan perpajakan, konsultan manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Biaya & Lab | 3 | | Akuntansi Internasional | 3 | | Akuntansi Keuangan I & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan II & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan Lanjutan I & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan Lanjutan II & Lab | 3 | | Akuntansi Manajemen | 3 | | Akuntansi Pemerintahan | 3 | | Akuntansi Sektor Publik | 3 | | Analisi Investasi & Portfolio | 3 | | Analisis Kinerja Keuangan | 3 | | Aspek Hukum Dalam Ekonomi | 2 | | Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) I | 3 | | Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) II & Lab | 3 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bank & Lembaga Keuangan | 2 | | Ekonomi Internasional | 3 | | Ekonomi Koperasi | 3 | | Ekonomi Manajerial (Mikro) | 3 | | Ekonomi Moneter (Makro) | 3 | | Etika Bisnis & Profesi | 2 | | Hukum Bisnis | 2 | | Hukum Pajak | 3 | | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | | Ilmu Sosial & Budaya Dasar | 3 | | Internal Audit | 3 | | Kapita Selekta | 1 | | Kewirausahaan | 2 | | Manajemen Keuangan I & Lab | 3 | | Manajemen Keuangan II | 3 | | Manajemen Operasional | 3 | | Manajemen Pemasaran | 3 | | Manajemen Strategik | 2 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Manajemen Umum | 2 | | Matematika Ekonomi | 3 | | Metode Penelitian | 3 | | Operation Research | 3 | | Pemeriksaan Manajemen | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Penganggaran & Lab | 3 | | Pengantar Akuntansi I & Lab | 3 | | Pengantar Akuntansi II & Lab | 3 | | Pengantar Aplikasi Komputer | 2 | | Pengantar Bisnis | 3 | | Pengantar Ekonomi Makro | 3 | | Pengantar Ekonomi Mikro | 3 | | Pengantar Ekonomi Pembangunan | 2 | | Pengantar Manajemen | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi & Lab | 2 | | Perekonomian Indonesia | 3 | | Perilaku Organisasi | 2 | | Perpajakan I | 3 | | Perpajakan II & lab | 3 | | Seminar Akuntansi | 3 | | Sistem Balas Jasa SDM | 2 | | Sistem Informasi Akuntansi I | 3 | | Sistem Informasi Akuntansi II | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Pengendalian Manajemen | 3 | | Skripsi | 6 | | Sosiologi dan Politik | 2 | | Statistik I | 2 | | Statistik II | 2 | | Studi Kelayakan Bisnis | 3 | | Teknik Proyeksi Bisnis | 3 | | Teori Akuntansi Keuangan | 3 | | Teori Ekonomi Makro | 2 | | Teori Ekonomi Mikro | 2 |
|
|
| 3. Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Gelar Lulusan : S.A.B. atau S.IAB. atau S.Sos. atau S.AB. atau S.IAB. atau SSos.| Prospektus S1 Administrasi Bisnis/Niaga |
Kompetensi Lulusan S1 Administrasi Bisnis/Niaga
Kompetensi utama lulusan Administrasi Bisnis/Niaga adalah menjadi seorang pebisnis / entrepreneur (menjadi perintis dan mengelola bisnis sendiri / pemilik usaha) maupun adbis-preneur (seorang pekerja dengan kemampuan mengelola bisnis secara efektif dan efisien sesuai dengan kebijakan pemilik perusahaan), atau profesional (bekerja di berbagai institusi negeri atau swasta) yang memiliki karakter tangguh dan ulet untuk mencapai kesuksesan karir.
Lulusan Program Studi Administrasi Bisnis/Niaga dibekali dengan pengetahuan, moral dan etika profesi, ketrampilan dan kemampuan teori / konsep bisnis untuk mengelola berbagai jenis organisasi/perusahaan secara komprehensif dalam hal keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, asuransi, operasi bisnis, perencanaan dan simulasi bisnis, serta pengambilan keputusan stratejik; memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya baik pada tingkat perumusan kebijakan maupun dalam tataran operasional, termasuk aplikasi pengetahuan yang terkait dengan usaha kecil dan menengah; memiliki kemampuan manajerial yang baik, mampu bekerja dalam tim, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat diteladani; mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan mendukung perdamaian dunia, serta memiliki landasan moral dan etika yang baik dalam kehidupan personal dan profesional.
Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan; menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Administrasi Bisnis/Niaga adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang administrasi niaga/bisnis; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang administrasi niaga/bisnis, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang administrasi niaga/bisnis, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Administrasi Bisnis/Niaga memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang administrasi niaga/bisnis, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Administrasi Bisnis/Niaga
Sarjana Administrasi Bisnis/Niaga dapat bekerja dan berkarir sebagai :
Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di berbagai instansi/lembaga/perusahaan pemerintah ataupun swasta (nasional, regional, maupun multinasional) sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang bisnis, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasional, seperti di perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, pemerintahan daerah (Propinsi/Kabupaten/Kota), Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, dan sebagainya.
Menjadi Konsultan bisnis/manajemen yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
Mata Kuliah S1 Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Administrasi Keuangan Bisnis * | 2 | | Administrasi Keuangan Negara | 3 | | Administrasi Logistik * | 2 | | Akuntansi Biaya I | 3 | | Akuntansi Biaya II | 3 | | Akuntansi Keuangan I | 3 | | Akuntansi Keuangan II | 3 | | Akuntansi Keuangan III * | 3 | | Akuntansi Manajemen * | 3 | | Analisis dan Perencanaan Sistem * | 3 | | Analisis Industri dan Persaingan * | 2 | | Aplikasi Komputer (Teknologi Informasi) | 3 | | Aspek Pajak dalam Perusahaan * | 2 | | Azas-azas Manajemen * | 3 | | Bahasa Indonesia | 3 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bisnis Internasional | 3 | | Business Operational Research | 3 | | E-Bisnis * | 3 | | Ekonomi Makro | 3 | | Ekonomi Manajerial | 3 | | Ekonomi Mikro | 3 | | Etika Administrasi | 3 | | Etika Bisnis * | 2 | | Filsafat Ilmu Bisnis* | 3 | | Hubungan Industrial * | 3 | | Hubungan masyarakat * | 3 | | Hukum Perdata Bisnis | 3 | | Internal Audit * | 2 | | Kebijakan Bisnis * | 3 | | Kebijakan dan Strategi Pemasaran * | 2 | | Kepemimpinan dan Organisasi Bisnis * | 2 | | Keuangan Bisnis I | 3 | | Keuangan Bisnis II | 3 | | Keuangan Internasional * | 3 | | Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi | 3 | | Komunikasi Bisnis | 3 | | Lembaga Keuangan * | 3 | | Magang / KKN | 3 | | Manajemen Bisnis Ritel * | 3 | | Manajemen Data Base * | 3 | | Manajemen Industri Pertanian * | 3 | | Manajemen Investasi * | 3 | | Manajemen Kebangkrutan * | 3 | | Manajemen Kinerja dan Kompensasi * | 3 | | Manajemen Lingkungan * | 3 | | Manajemen Pemasaran | 3 | | Manajemen Pembelian dan Inventori * | 3 | | Manajemen Produktivitas/Operasi * | 3 | | Manajemen Proyek * | 3 | | Manajemen Resiko Bisnis * | 3 | | Manajemen SDM Internasional * | 3 | | Manajemen SDM Strategik * | 3 | | Manajemen Sistem Informasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Manajemen Strategis Bisnis * | 2 | | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 | | Matematika Bisnis I * | 2 | | Matematika Bisnis II * | 2 | | Metode Penelitian Bisnis | 3 | | Metode Penelitian Sosial * | 3 | | Organisasi dan Manajemen * | 3 | | Pasar Uang dan Modal * | 2 | | Pemasaran Internasional * | 3 | | Pemasaran Jasa Asuransi * | 2 | | Pemeriksaan Akuntansi I (Auditing) * | 3 | | Pemeriksaan Akuntansi II * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | | Penelitian Pemasaran * | 3 | | Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis | 3 | | Pengantar Ilmu Antropologi * | 3 | | Pengantar Ilmu Politik * | 3 | | Pengantar Sosiologi * | 3 | | Perancanaan dan Pengendalian Produksi * | 3 | | Perbankan | 3 | | Perbankan dan Bisnis Syariah * | 3 | | Perencanaan dan Pengembangan SDM * | 3 | | Perencanaan dan Strategi Bisnis * | 3 | | Perilaku dan Pengembangan Organisasi | 3 | | Perilaku Konsumen * | 3 | | Perilaku Organisasi * | 2 | | Perkembangan Perekonomian China * | 3 | | Perpajakan | 3 | | Politik dan Bisnis * | 2 | | Praktek Bisnis / internship * | 3 | | Seminar Akuntansi dan Manajemen Keuangan * | 3 | | Seminar Kebijakan Bisnis | 3 | | Seminar Manajemen Produksi * | 3 | | Seminar Manajemen SDM * | 3 | | Seminar Manajemen Sistem Informasi * | 3 | | Seminar Pemasaran * | 3 | | Sistem Akuntansi I | 3 | | Sistem Akuntansi II * | 3 | | Sistem Ekonomi Indonesia * | 3 | | Sistem Hukum Indonesia * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen I | 3 | | Sistem Informasi Manajemen II * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen III * | 3 | | Sistem Informasi Stratejik * | 3 | | Sistem Politik Indonesia * | 3 | | Sistem Sosial Budaya Indonesia * | 3 | | Standar Internasional * | 3 | | Statistik Bisnis | 3 | | Strategi Bisnis | 3 | | Strategi dan Kebijakan Pemasaran * | 3 | | Strategi dan Kebijakan Produksi I * | 3 | | Strategi dan Kebijakan Produksi II * | 3 | | Studi Kelayakan Bisnis * | 3 | | Teori Organisasi dan Administrasi | 3 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|
| 4. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi |
Gelar Lulusan : S.I.K. atau S.I.Kom. atau S.K. atau S.Sos. atau S.IK. atau S.IKom. atau SK. atau SSos.Prospektus S1 Ilmu Komunikasi, Periklanan (Advertising), Hubungan Masyarakat (Humas) / Public Relations (PR), Penyiaran (Broadcasting), Jurnalistik |
Dunia komunikasi berkembang sangat cepat seiring dengan globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Hal ini berdampak positif terhadap
kebutuhan tenaga kerja di bidang ilmu komunikasi yang sangat tinggi, terutama sarjana ilmu komunikasi.Komunikasi adalah suatu proses dari seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Secara sederhana, komunikasi dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk memberi/menerima informasi di antara mereka.
Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang tersebut.
Competencies of Graduates of S1 Ilmu Komunikasi
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi dibekali dengan kemampuan, ketrampilan, etika, dan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar, teori-teori ilmu komunikasi dan studi-studi media, mampu memberikan analisis kritikal, menguasai aplikasi media kreatif, kemampuan manajerial serta metodologi sehingga mampu memahami dan menjelaskan permasalahan-permasalahan dalam masyarakat dan mampu merumuskan alternatif penyelesaian dari prespektif komunikasi dan studi media; memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis secara kritis dan mensintesis fenomena komunikasi dan media dalam masyarakat; memiliki kemampuan mengelola kampanye marketing, public relations, sosial dan politik yang efektif dengan mendasarkan pada prinsip manajemen modern yang terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.
Kompetensi dasar Sarjana Ilmu Komunikasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang ilmu komunikasi dan/atau hubungan masyarakat dan/atau periklanan, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki kompetensi mengimplementasikan konsep, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media serta mengembangkan kemampuan manajerial strategis serta kreatif media untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat; memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang komunikasi massa secara umum, bidang kebijakan regulasi media secara khusus dan mampu menghasilkan kebijakan regulasi media secara internal maupun eksternal yang selaras dengan kepentingan sosial, ekonomi, politik, kultural yang berlaku.
Untuk
peminatan/konsentrasi Hubungan Masyarakat/Humas (Public Relations / PR) :
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi; memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi; membawa individu ataupun organisasi menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan; secara internal organisasi menjadi pusat informasi organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman; secara eksternal organisasi menjadi manager komunikasi dalam menghadapi pers dan masyarakat; dan membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya. Juga memiliki kemampuan menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management; mampu menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia
Untuk
peminatan/konsentrasi Periklanan (Advertising) :
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran; merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan; menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan; menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dsb.
Untuk
peminatan/konsentrasi Penyiaran (Broadcasting) :
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk siaran; memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi; mampu menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah kepenyiaran; mampu mengolah bahan berita, dan menyajikannya di media massa cetak dan elektronik; memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang kepenyiaran yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.
Untuk
peminatan/konsentrasi Jurnalistik :
Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan dan dipublikasikan pada surat kabar, majalah, dan media massa lainnya; memiliki kemampuan untuk membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita; serta dibekali dengan pemahaman bahwa dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas).
Profession and Career Graduates of S1 Ilmu Komunikasi
Sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja dan berkarir di semua jenis perusahaan (lokal, nasional/regional, maupun multinasional), semua lembaga pemerintah dan non pemerintah termasuk LSM, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), semua departemen, lembaga keuangan, lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah), media penyiaran, media periklanan, industri pertelevisian, perfilman, rumah produksi (production house), industri media cetak (koran, tabloid, majalah), media elektronik (TV, radio, internet) sebagai tenaga profesional, praktisi dan konsultan PR/Humas, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, sebagai media planner, account executive, art/creative director, copywriter, presenter, television broadcaster, radio broadcaster, producer, professional master of ceremony, MC Professional, jurnalis, reporter, wartawan, peneliti, anggota DPR / DPRD, akademisi/dosen, pemimpin/manajer, pengamat komunikasi publik, pengamat komunikasi politik, pengamat media, pemerintah dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat, koresponden, pengamat humas pemerintah, dsb.
Menjadi dosen/pengajar/peneliti bidang ilmu komunikasi di PTN/PTS atau pusat-pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat), atau peneliti di Lembaha-lembaga Riset, Rating, Survei.
Berwiraswasta (Entreprenuer) dengan mendirikan perusahaan periklanan, perusahaan media massa, perusahaan penyiaran, media periklanan, media penyiaran, media cetak (koran, tabloid, majalah, media elektronik (TV, radio, internet), konsultan hubungan masyarakat, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, dsb.
Mata Kuliah S1 Ilmu Komunikasi (Hubungan Masyarakat/PR/Humas, Jurnalistik, Periklanan/Advertising) |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Advertising Visual * | 3 | | Aplikasi Komputer (Teknologi Informasi) * | 3 | | Azas-azas Manajemen | 3 | | Bahasa Indonesia Profesi | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Dasar-dasar Fotografi | 3 | | Dasar-dasar Hubungan Masyarakat (Humas / Public Relation / PR) | 3 | | Dasar-dasar Jurnalistik | 3 | | Dasar-dasar Komunikasi Audio Visual | 3 | | Dasar-dasar Logika | 3 | | Dasar-dasar Periklanan | 3 | | Dasar-dasar Shooting dan Editing | 3 | | Desain Grafis * | 3 | | Etika Profesi | 2 | | Evaluasi Program Periklanan * | 3 | | Filsafat Ilmu Komunikasi | 3 | | Fotografi | 3 | | Fotografi Jurnalistik * | 3 | | Hukum dan Peraturan Periklanan * | 2 | | Hukum Media Massa * | 3 | | Ilmu Budaya Dasar | 2 | | Jurnalisme * | 3 | | Jurnalistik Media Cetak * | 3 | | Jurnalistik Media Siar * | 3 | | Kapita Selekta Komunikasi | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | Komputer Grafis * | 3 | | Komunikasi Antar Pribadi * | 3 | | Komunikasi Dalam Organisasi * | 3 | | Komunikasi dan Strategi Da'wah * | 3 | | Komunikasi Internasional * | 3 | | Komunikasi Lintas Sosial | 3 | | Komunikasi Massa | 3 | | Komunikasi Organisasi * | 3 | | Komunikasi Pariwisata * | 3 | | Komunikasi Pemasaran * | 3 | | Komunikasi Pembangunan Sosial | 3 | | Komunikasi Penyuluhan * | 3 | | Komunikasi Politik | 2 | | Komunikasi Visual * | 2 | | Komunitas Lintas Budaya * | 3 | | Kuliah Kerja Nyata | 4 | | Manajemen Humas * | 3 | | Manajemen Media Massa * | 3 | | Manajemen Periklanan * | 3 | | Manajemen Siaran Radio dan TV * | 3 | | Media dan Masyarakat * | 3 | | Menulis Feature dan Editorial * | 3 | | Metode Penelitian Komunikasi | 3 | | Metode Penelitian Sosial | 3 | | Multimedia Komunikasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pemasaran Sosial * | 3 | | Pendapatan Umum | 2 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pengantar Antropologi | 3 | | Pengantar Ilmu Hukum dan SHI * | 3 | | Pengantar Ilmu Komunikasi | 3 | | Pengantar Ilmu Politik | 3 | | Pengantar Psikologi Sosial * | 3 | | Pengantar Sosiologi | 3 | | Pengantar Statistik Sosial | 3 | | Pengantar Periklanan | 3 | | Penulisan Naskah Audio Visual * | 3 | | Perencaan Komunikasi * | 3 | | Perencanaan Kreatif Periklanan * | 3 | | Perencanaan Media Periklanan * | 3 | | Periklanan | 3 | | Perilaku Konsumen * | 2 | | Perkembangan Teknologi Komunikasi | 3 | | Political Marketing * | 3 | | Praktek Humas/PR I | 3 | | Praktek Humas/PR II * | 3 | | Praktek Humas/PR III * | 3 | | Praktek Jurnalistik I | 3 | | Praktek Jurnalistik II * | 3 | | Praktek Jurnalistik III * | 3 | | Praktek Komunikasi Audio Visual I | 3 | | Praktek Komunikasi Audio Visual II * | 3 | | Praktek Komunikasi Audio Visual III * | 3 | | Praktek Periklanan/Advertising I | 3 | | Praktek Periklanan/Advertising II * | 3 | | Praktek Periklanan/Advertising III * | 3 | | Produksi Pertelevisian * | 3 | | Propaganda * | 3 | | Psikologi Komunikasi | 3 | | Psikologi Sosial * | 3 | | Public Speaking * | 3 | | Publisitas * | 3 | | Sistem Ekonomi Indonesia | 3 | | Sistem Hukum Indonesia | 3 | | Sistem Komunikasi Indonesia | 3 | | Sistem Politik Indonesia | 3 | | Sistem Sosial Budaya Indonesia | 3 | | Social Marketing * | 3 | | Sosiologi Komunikasi | 3 | | Statistik Sosial | 3 | | Statistik Sosial Lanjutan * | 3 | | Strategi Pemasaran Produk * | 2 | | Teknik - Teknik Humas * | 3 | | Teknik Lobby dan Negosiasi * | 2 | | Teknik Mencari dan Menulis Berita * | 3 | | Teknik Penulisan Ilmiah * | 3 | | Teori Komunikasi | 3 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|
| 5. Program Studi S1 Manajemen |
Gelar Lulusan : S.M. atau S.Mn. atau S.E. atau SM. atau SMn. atau SE.Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Program studi manajemen menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha.
Kompetensi Lulusan S1 Manajemen
Lulusan Program Studi Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.
Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Manajemen
Sarjana Manajemen dapat bekerja dan berkarir sebagai :
Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.
Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Biaya | 3 | | Akuntansi Manajemen | 3 | | Analisis Laporan Keuangan | 3 | | Anggaran Perusahaan | 3 | | Aspek Hukum Dalam Ekonomi | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bank & Lembaga Keuangan | 3 | | Bisnis Internasional | 2 | | Ekonomi Internasional | 3 | | Ekonomi Koperasi | 3 | | Ekonomi Manajerial | 3 | | Ekonomi Syariah | 2 | | Etika Bisnis | 2 | | Hukum Bisnis | 2 | | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 3 | | Kapita Selekta | 1 | | Kewirausahaan | 3 | | Komunikasi Bisnis | 3 | | Manajemen Bank | 3 | | Manajemen Bisnis UKM | 2 | | Manajemen Distribusi | 2 | | Manajemen Internasional | 2 | | Manajemen Investasi | 3 | | Manajemen Keuangan | 3 | | Manajemen Keuangan Internasional | 3 | | Manajemen Keuangan Lanjutan | 3 | | Manajemen Operasional | 3 | | Manajemen Operasional Lanjutan | 2 | | Manajemen Pemasaran | 3 | | Manajemen Pemasaran Internasional | 3 | | Manajemen Pemasaran jasa | 2 | | Manajemen Produk & Harga | 3 | | Manajemen Resiko | 3 | | Manajemen Startegik | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 | | Matematika Ekonomi | 3 | | Metodologi Penelitian | 3 | | Operation Research | 3 | | Pasar Modal & Investasi | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Penganggaran Perusahaan | 3 | | Pengantar Akuntansi I | 3 | | Pengantar Akuntansi II | 3 | | Pengantar Aplikasi Komputer | 2 | | Pengantar Bisnis | 3 | | Pengantar Ekonomi Makro | 3 | | Pengantar Ekonomi Mikro | 3 | | Pengantar Ekonomi Pembangunan | 2 | | Pengantar Manajemen | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi & Lab | 2 | | Perekonomian Indonesia | 3 | | Perencanaan & Pengembangan SDM | 3 | | Perilaku Keorganisasian | 3 | | Perilaku Konsumen | 3 | | Perpajakan | 3 | | Seminar Manajemen Keuangan * | 3 | | Seminar Manajemen Operasional * | 3 | | Seminar Manajemen Pemasaran * | 3 | | Seminar Manajemen SDM * | 3 | | Sistem Balas Jasa SDM | 2 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Skripsi | 6 | | Sosiologi dan Politik | 2 | | Statistik I | 3 | | Statistik II | 3 | | Studi Kelayakan Bisnis | 3 | | Teknik Proyeksi Bisnis | 3 | | Teori Ekonomi Makro | 2 | | Teori Ekonomi Mikro | 2 | | Teori Pengambilan Keputusan | 3 |
|
|
| 6. Program Studi S1 Sistem Informasi |
Gelar Lulusan : S.S.I. atau S.Kom. atau S.T. atau S.Si. atau Ir. atau SSI. atau SKom. atau ST. atau SSi. atau Ir.| Prospektus S1 Sistem Informasi |
Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.
Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.
Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Sistem Informasi |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Dasar | 2 | | Algoritma Pemrograman & Struktur Data | 4 | | Aljabar Linier * | 3 | | Analisa & Perancangan Sistem Informasi | 3 | | Analisa Perancangan Berorientasi Obyek | 3 | | Analisa Perancangan E-Bussiness * | 3 | | Analisa Proses Bisnis * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Audit Sistem Informasi * | 3 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris 1 | 2 | | Bahasa Inggris 2 | 2 | | Bahasa Inggris 3 * | 2 | | Bahasa Inggris 4 * | 2 | | Bahasa Pemrograman * | 3 | | Basis Data | 3 | | Dasar Pemrograman | 3 | | Data Warehouse & Data Minning * | 3 | | Database Spesial * | 3 | | E-Bisnis * | 3 | | E-Commerce * | 3 | | Enterprise Information System * | 3 | | Enterprise Resource Planning * | 3 | | Etika Profesi | 2 | | Interaksi Manusia & Komputer * | 3 | | IT-Advertasing + Praktek * | 3 | | IT-Governance * | 3 | | Jaringan Komputer | 3 | | Keamanan Sistem Informasi * | 3 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | Kewirausahaan 2 * | 2 | | Kewirausahaan 3 * | 2 | | Komputer & Masyarakat | 2 | | Komputer Grafik | 2 | | Komputer Masyarakat * | 3 | | Komunikasi Antar Personal * | 2 | | Konsep Portal & Manajemen Konten * | 3 | | Konsep Sistem Informasi | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Logika Matematika * | 3 | | Manajemen Proyek Sistem Informasi | 3 | | Manajemen Sains * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Manajemen Umum * | 3 | | Matematika Dasar | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Mobile Programming * | 3 | | Multimedia & Animasi * | 3 | | Pemrograman Aplikasi Basis Data * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek * | 3 | | Pemrograman Visual * | 3 | | Pemrograman Web 1 * | 3 | | Pemrograman Web 2 * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pengantar Akuntansi * | 3 | | Pengantar Manajemen dan Bisnis * | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengembangan Sistem Informasi * | 3 | | Pengetahuan Bisnis * | 2 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Praktikum Algoritma & Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Perancangan Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Pemrograman | 1 | | Praktikum E-Commerce * | 1 | | Praktikum Jaringan Komputer * | 1 | | Praktikum Manajemen Proyek * | 1 | | Praktikum Manajemen Proyek Sistem Informasi | 1 | | Praktikum Pemrograman Visual * | 1 | | Praktikum Pemrograman Web * | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data * | 1 | | Proyek Pengembangan Sistem Informasi | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak * | 3 | | Rekayasa Sistem Informasi * | 3 | | Remote Sensing * | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Sistem Akuntansi * | 3 | | Sistem Informasi Akuntansi * | 3 | | Sistem Informasi Geografis * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Pengambilan Keputusan * | 3 | | Statistika & Probabilitas | 3 | | Strategi E-Bisnis * | 2 | | Struktur Data * | 3 | | Testing & Implementasi Sistem Informasi | 3 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 5 |
|
|
| 7. Program Studi S1 Teknik Informatika |
Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir. atau ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir.| Prospektus S1 Teknik Informatika |
Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.
Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.
Teknik Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.
Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Teknik Informatika |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Algoritma dan Pemrograman | 3 | | Aljabar Linier dan Matrik | 3 | | Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | | Analisa dan Perancangan Perangkat lunak * | 4 | | Analisa dan Perencanaan Sistem * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Aplikasi Multimedia * | 2 | | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | | Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bahasa Rakitan * | 2 | | Basis Data | 3 | | Client-Side Scripting * | 3 | | Dasar Komputer | 2 | | Dasar Router * | 3 | | Data Mining * | 2 | | Data Ware House * | 2 | | Etika Profesi | 2 | | Fisika Dasar | 3 | | Fisika Modern * | 3 | | Grafik Komputer * | 3 | | Hukum Bisnis * | 2 | | Intelegensi Buatan * | 2 | | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | | Jaringan komputer dan Keamanan Data I | 4 | | Jaringan Komputer dan Keamanan Data II * | 4 | | Kalkulus I | 2 | | Kalkulus II | 2 | | Keamanan Jaringan * | 3 | | Keamanan Komputer * | 3 | | Kecakapan Antara Personal * | 2 | | Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) | 4 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut * | 2 | | Kimia Dasar * | 2 | | Komputer dan Masyarakat | 3 | | Komputer Grafik * | 3 | | Komunikasi Data * | 3 | | Konsep Bahasa Pemrograman * | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Kriptografi * | 3 | | Logika Informatika | 3 | | Manajemen Jaringan * | 2 | | Manajemen Proyek Perangkat Lunak | 3 | | Manajemen Proyek Teknologi Informasi * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Matematika Distrik | 3 | | Metode Numerik * | 3 | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Microprogramming * | 3 | | Model dan Simulasi (Praktek) * | 3 | | Multimedia * | 3 | | Multimedia 3D dan Animasi * | 2 | | Oracle * | 4 | | Pemodelan 2D / 3D * | 3 | | Pemodelan dan Simulasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pemrograman Assembler * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | | Pemrograman C++ * | 3 | | Pemrograman Jaringan * | 3 | | Pemrograman P/L SQL * | 4 | | Pemrograman Visual Client Server * | 3 | | Pemrograman Visual Multitier * | 3 | | Pemrograman Web Enterprise * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila | 2 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengolahan Citra * | 3 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Perancangan OOP + Praktikum | 3 | | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Rakitan * | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Kopumter | 1 | | Praktikum Data Warehouse dan Data Mining * | 1 | | Praktikum Fisika Dasar | 1 | | Praktikum Hardware dan Software | 4 | | Praktikum Jaringan | 1 | | Praktikum Kecerdasan Buatan * | 1 | | Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Linux | 4 | | Praktikum Multimedia | 1 | | Praktikum Pemograman Mobile Java * | 4 | | Praktikum Pemrograman Orientasi Objek | 1 | | Praktikum Pemrograman Web | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data | 1 | | Praktikum Php MySQL | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop I * | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop II * | 4 | | Praktikum Sistem Multimedia * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data | 1 | | Praktikum Vb.Net * | 4 | | Rangkaian Digital * | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek * | 4 | | Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek * | 4 | | Riset Teknologi Informasi | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Server-Side Scripting * | 3 | | Sistem Basis Data | 3 | | Sistem Berkas * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Keamanan Komputer * | 3 | | Sistem Multimedia * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Perangkat Lunak * | 3 | | SQL Server * | 4 | | Statistika dan Probabilitas | 3 | | Struktur Organisasi Data | 3 | | Teknik Kompilasi * | 3 | | Teknik Simulasi * | 2 | | Teknologi dan Sistem Basis Data* | 3 | | Teori Bahasa dan Automata * | 3 | | Teori Komputasi * | 2 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|